Sabtu, 30 Oktober 2010

PAUS ORCA, BUKAN PAUS

Manusia menamai hewan ini adalah Paus Orca, tetapi benarkah hewan ini termasuk ke dalam jenis paus ??? Mmmmmmm sebenarnya......hewan ini termasuk dalam keluarga lumba-lumba (delphinidae), dan merupakan lumba-lumba terbesar di dunia yang panjangnya mencapai 7 meter. Karena hal inilah hewan ini lebih terkenal dengan sebutan Paus Orca ,di sebabkan karena tubuhnya lebih mirip seekor paus daripada seekor lumba-lumba.

Paus Orca memiliki julukan, yaitu Paus Pembunuh atau Serigala Laut. Dinamakan demikian karena termasuk hewan predator atau pemangsa yang biasanya memakan ikan , burung ,singa laut ,anjing laut ,beluga ,walrus ,juga ikan hiu dan ikan paus. Namun kita tak perlu takut dengan hewan ini ,karena hewan ini tidak menyerang manusia dan termasuk hewan yang ramah juga amat bersahabat dengan manusia. Selain itu Paus Orca juga termasuk hewan yang cerdas ,bahkan pernah membintangi film Free Willy yang bercerita tentang persahabatan manusia dengan Paus Orca.

Hewan ini memiliki ciri-ciri yaitu kulitnya yang khas berwarna hitam dan putih seperti lumba-lumba lainnya ,sehingga amat mudah untuk dikenali. Selain itu hewan hidup berkelompok dan dipimpin oleh seekor betina,mereka saling berkomunikasi dengan menggunakan bunyi ultrasonik. Bunyi ultrasonik tidak dapat didengar oleh manusia ,karena getarannya yang sangat tinggi.
Paus Orca dapat di temukan di laut di seluruh samudera di dunia ,dari kawasan yang bersuhu hangat seperti perairan Indonesia hingga kawasan yang bersuhu rendah seperti antarktika dan Artik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar