Minggu, 28 November 2010

Thomas Alfa Edison

Thomas Alfa Edison

MENYIHIR DENGAN BERFIKIR

Penyihir dari Menlo park ! itulah julukannya. Dia dijuluki demikian karena kehebatannya menciptakan berbagai keajaiban. Padahal dia bukan penyihir atau pesula, melainkan seorang penemu ! dialah Pak Thomas Alfa Edison.

Si Bodoh

Pada tanggal 11 februari 1847 di Milan, ohio, amerika serikat, lahirlah seorang bayi mungil. Dia diberi nama Thomas Alfa Edison. Nama panggilannya, tommy . beberapa tahun kemudian. Tommy mulai bersekolah . sayangnya tommy tidak dapat menerima pelajaran dengan baik. Bahkan ia dianggap sebagai anak yang bodoh.

Baru 3 bulan toomy bersekolah, gurunya menulis surat untuk ibu tommy. Surat itu disampaikan tommy pada ibunya sepulang sekolah demikian isi suratnya : Tommy, anak ibu sangat bodoh. Kami minta ibu untuk mengeluarkannya dari sekolah.
Ibu tommy sangat kaget membaca surat itu . dia yakin tommy bukan anaka yang bodoh . hanya saja pendengaran tommy agak terganggu. Inu tommy pun bertekat untuk mendidik dan mengajar anaknya sendiri anaknya. Sejak itu, tommy tidak belajar disekolah umum. Dia belajar di rumah da di bimbing ibunya.

Si Ingin Tahu


Di rumah, toomya belajar mebaca, menulis dan matematika. Ibu tommy memberinya macam-macam buku pengetahuan. Diantaranya buku tentang eksperimen atau percobaan sederhana. Tommy sangat menyukainya.
Kebetulan, tommy memang selalu ingin tahu ! rasa ingin tahu itu membuat tommy gemar melakukan eksperimen atau percobaan. Tommy sering menghabiskan uang jajannya untuk membeli alat bahan percobaan.
Pada usia 12 tahun tommy bejualan Koran, permen, dan buah-buahan dikereta api. Suatu hari, cairan kimia hasil percobaannya jatuh di kereta dan hampir membakar sebuah gerbong. Tommy dipukul oleh masinis kereta, hingga pendengarannya bertambah rusak , bahakan tommy tak lagi bisa mendengar suara burung bernyanyi. Kejadian itu tak mengubah tekatnya untuk bia terus belajar melakukan berbagai eksperimen.

Si Tukang Gagal

Tommy alias Thomas alfa Edison terus berkarya membuat berbagai macam percobaan. Tak jarang dia mengalami kegagalan. Kadang untuk menciptakan sebuah penemuan dia mengalami kegagalan sampai ribuan kali. Missal pada saat membuat bola lampu pijar, Thomas alfa Edison mengalami 9998 kegagalan . baru pada percobaan ke-9999, pak Edison berhasil membuat lampu pijarnya menyala dengan terang. Bagi pak Edison kegagalan itu tidak membuatnya putus asa . pak Edison bisa belajar banyak hal dari kegagalan. Hingga akhir hayat nya , pak edoson berhasil menciptakan 1093 buah penemuan . dan bayingkan saja berapa jumlah kegagalannya !


Tommy si bodoh telah menjelma menjadi seorang Thomas alfa Edison yang jenius . ini karena ketekunannya dan kerja kerasnya untuk terus belajar tanpa menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar