Minggu, 28 November 2010

PESAN-PESAN CAHAYA

PESAN-PESAN CAHAYA

Cahaya bisa bergerak super cepat. Cahaya bisa menyampaikan pesan.

Pesan jarak jauh

Manusia selalu ingin bicara dengan manusia lain. Manusia menyampaikan pasan saat bicara. Banyak cara dipakai manusia untuk menyampaikan pesan. Misalnya, dengan berbicara berhadapan. Saat bicara berhadapan manusia bisa pelan. Namun ketika jarak semakin jauh manusia harus berteriak. Semakin jauh jarak nya, suara tidak terdengar. Suara tidak terdengar meskipun manusia berteriak sekeras-kerasnya. Pembicaraan jarak jauh disebut juga telekomunikasi. Kata tele artinya jauh. Kata komunikasi artinya bicara atau mengirim pesan.

Cahaya punya pesan

Manusia mencari cara untuk berbicara atau mengirim pesan jarak jauh. Salah satunya, dengan cahaya. Pada zaman dahulu bangsa mesir kuno memantulkan sinar matahari di cermin untuk mengrim pesan jarak jauh. Bangsa Indian di amerika memakai api di malam hari. Penjaga pantai memakai lampu mercusuar untuk memandu jalan pelaut. Pelaut memakai kelap-kelip lampu untuk mengirim pesan.
Sayangnya, cahaya yang dipakai bangsa mesir, Indian n penjaga pantai dan pelaut hanya dapat di lihat pada jarak terbatas. Artinya cahaya tidak bisa dilihat jika jarak semakin jauh.

Pipa super kecil

Kini manusia modern bisa mengirim pesan cahaya pada jarak jauh. Kok bisa ?
Manusia menemukan benda ajaib bernama serat optic. Serat optic boleh juga disebut pipa kaca atau pipa pelastik yang berukuran super kecil. Serat optic mirrp selang selang air lo bendanya, serat optic berupa pipa kaca atau pipa pelastik berukuran lebih kecil dari rambut manusia.

Hebatnya serat optic

Serat optic banyak dipakai perusahaan telepon dan televisi kabel. Cara kerjanya, suara dan gambar diubah jadi pesan cahaya. Pesan cahaya dikirim lewat serat optic. Diujung serat optic yang lain, pesan cahaya diubah kembali jadi suara dan gambar.
Serat optik lebih hebat dari pada kabel biasa atau satelit, karena :
• Pesan cahaya bergerak lebuh cepat yaitu 300 ribu kilometer per detik.
• Pesan cahaya tidak berisik karena tidak terganggu cuaca atmosfer bumi.pesan satelit kadang berisik saat hujan.
• Serat optic itu kebal petir karena serat optic dibuat dari kaca atau pelastik. Kabel biasa dibuat dari tembaga . tembaga adalah penghantar listrik dan petir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar