Minggu, 28 November 2010

BOLA-BOLA KUNO

BOLA-BOLA KUNO

MAIN BOLA TERNYATA SUDAH ADA SEJAK ZAMAN KUNO.

SEPERTI APA ORANG ZAMAN KUNO MAIN BOLA ?

BOLA BATU
Suku maya di benua amerika selatan sudah bemain bola sejak 3000 tahun sebelum masehi. Main bola bagi suku maya adalah acara suci. Para pemain dinobatkan dengan upacara di kuil yang megah. Karena main bola dilakukan untuk menghormati dewa matahari. Bola melambangkan matahari yang berbentuk bulat. Suku maya berharap matahari tetap bersinar terang jika orang maya bisa menggolkan bola ke dalam gawang kecil pada dinding kuil.
Gawatnya, bola yang digunakan suku maya sekeras batu. Saking kerasnya, suku maya tidak berani menendang bola dengan kepala atau kaki. Suku maya menendang bola dengan pantatnya. Pantat,kan merupakan bagian tubuh yang paling empuk. Jadi badan tidak terasa sakit jika bola sekeras batu di tending dengan pantat. Yang lebih menyeramkan, pemain yang kalah dipacung kepalanya.

SEPATU BESI
Bola yang dipakai orang inggris kuno juga keras. Namun orang inggris lebih suka main bola dengan kaki. Oleh karena itu, orang inggris membuat sepatu khusus untuk pemain bola. Bagian ujung sepatu dilapisi besi supaya jari kaki tidak sakit saat menendang bola. Sol sepatu diberi paku agar pemain tidak terpeleset saat lapangan becek. Sepatu kuno itu luar biasa berat. Konon, pemin bola paling pintar zaman sekarang, tidak bisa main bola dengan sepatu kuno.
Jadilah, sepatu bola pertama kali diciptakan di inggris. Pemakai sepatu bola pertama adalah raja henry VIII

BOLA BANGSAWAN
Permainan bola di italia hanya boleh di mainkan para bangsawan pada zaman kuno. Permainan bola di italia disebut calico. Wow, para bangsawan italia memakai baju warna-warni, sangat mencolok. Pemain memakai warna berbeda dari lawan. Pria italia memang terkenal suka dan-dan. Tentu saja permainan bola bangsawan italia menyebabkan rakyat ingin menonton. Dan supaya rakyat tidak mengganggu para bangsawan. Maka tempat menonton diberi pagar. Bangsawan bermain bola di dalam lapangan berbentuk kotak

LATIHAN TENTARA
Orang cina sudah main bola sejak 2500 tahun sebelum masehi. Orang cina membuat bola dari kulit binatang. Bola ditendang ke lubang berjaring setinggi 30 kaki. Permainan bola dilakukan saat ulang tahun kaisar cina. Kaisar cina juga menyuruh prajuritnya main bola supaya badannya kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar