Sabtu, 11 Desember 2010

AWAN COKELAT

AWAN COKELAT
TANPA HUJAN COKLAT


Biasanya awan planet bumi berwarna putih atau abu-abu ungu. Tetapi dua puluh tahun terakhir ini, bumi mempunyai awan berwarna coklat. Apakah awan coklat ini menghasilakn hujan coklat yang lezat .
PLANET AIR

Planet bumi adalah planet air. Tiga perempat permukaan planet bumi berupa air. Air juga ada di dalam tanah dan pepohonan. Pokoknya, planet bumi punya air dimana-mana.
Sinar matahari yang panas menyebabkan air di planet bumi menguap. Uap air itu berwujud gas yang tidak terlihat mata. Sinar matahari juga menyebabkan udara bergerak dari permukaan tanah ke permukaan atmosfer. Saat udara bergerak naik, uap air juga naik.

sEmakin tinggi atmosfer, suhunya semakin dingin uap air berubah wujud saat bergerak naik ke atmosfer yang tinggi. Uap air berubah dari gas menjadi cair. Saat mencair, uap air menempel pada debu-debu yang ada di udara. Titik air tampak berwarna putih dapat dilihat manusia. Manusia planet bumi menyebut kumpulan titik air di udara sebagai awan.

Bumi tampak berwarna biru dan berawan putih. Namun, awan planet bumi berubah sejak 20 tahun terakhir. Sebagian awan planet bumi berwarna coklat. Awan cokelat ini menyelimuti daerah timur tengah, india, cina, afrika, dan amerika. Apa sebenarnya awan cokelat itu ?
AWAN BERBAHAYA

Ilmuan meneliti awan cokelat dengan seksama. Hasilnya sungguh mengejutkan. Awan coklat terjadi karena titik air menempel pada pada debu udara yang berupa karbon hitam. Karbon hitam adalah sisa pembakaran kayu dan minyak bumi yang tidak sempurna. Dalam kehidupan sehari-hari, karbon hitam terlihat sebagai aspa hitam yang keluar dari kompor, kayu bakar, dan knalpot kendaraan.

Ilmuwan menemukan awan cokelat suka menyimpan panas matahari. Awan cokelat juga suka menangkap panas yang di lepaskan permukaan bumi. Akibatnya awan cokelat membuat atmosfer planet bumi bertambah panas. Menurut ilmuwan awan cokelat adalah awan yang sangat berbahaya.

BAHAYANYA AWAN COKELAT

• Hujan yang dihasilkan awan cokelat bukan minuman cokelat yang lezat. Hujan yang dihasilkan awan cokelat berupa air kotor dan gelap. Jika hujan awan yang turun di pegunungan salju, maka salju jadi berwarna gelap. Ini adalah masalah terbesar bagi pegunungan Himalaya, kutub utara, dan kutub selatan. Salju yang berwarna gelap kurang memantulkan cahaya matahari . akibatnya sinar matahari diserap salju dan salju cepat mencair. Es pun jadi cepat meleleh !

• Awan cokelat mengurangi sinar matahari sampai ketanaman. Akibatnya fotosintesa tanaman berkurang. Produksi padi bisa turun. Manusia dapat kekurangan makanan di masa depan.

• Lembaga perserikatan bangsa-bangsa bmenyerukan penduduk bumi harus bisa mengurangi karbon hitam. Misalnya mesin mobil tidak boleh mengeluarkan asap hitam, manusia mengurangi memasak dengan kayu bakar dan mencegah pembakaran hutan. Soalnya asap hitam menghasilkan awan cokelat. Dan awan cokelat menyebabkan suhu atmosfer bumi meningkat 2,3 derajat celcius. Awan cokelat adalah penyebab pemanasan planet bumi atau GLOBAL WARMING.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar