Sabtu, 11 Desember 2010

KHYBER PASS

KHYBER PASS
Celah para Penakluk

Ada sebuah celah pegunungan yang sangan termasyhur di dunia. Celah itu menghubungkan wilayah Asia Tengah dan Asia Selatan. Celah sempit itu sangat terkenal, kerena dijadikan jalan pintas bagi para penakluk dunia. Celah itu adalah Celah Kaiber atau Khyber Pass.

Jalanan di Awan

Khyber Pass adalah sebuah celah di wilayah pegunungan Hindia Kush. Letaknya di perbatasan Negara Pakistan dan Afganistan. Celah itu berupa jalanan berkelok-kelok naik-turun, menembus lekuk pegunungan. Jalanan ini menghubungkan kota Peshawar di Pakistan dengan kota Kabul di Afganistan. Lebar jalan di Khyber Pass bervariasi. Dari yang sempit, sekitar 3 meter, hingga selebar 137 meter. Panjang jalanan ini mencapai 53 kilometer. Sedangkan puncak tertingginya mencapai 1027 meter di atas permukaan laut. Ini membuat Khyber Pass bagai bentangan jalan di awan!

Wilayah Tanpa Hukum

Sebelum memesuki wilayah Khyber Pass dari kota Peshawar, kita akan melewati Baab-i-Khyber atau Gerbang Khyber. Gerbang ini bentuknya mirip dengan gerbang benteng Eropa. Begitu melewati gerbang ini, kita harus bersiap-siap memasuki wilayah berbahaya. Kita bisa melihat dengan jelas papan pengumuman berisi peringatan. Bahwa, kita telah memasuki wilayah tanpa hukum. Di wilayah ini, sering terjadi peperangan. Wilayah ini juga merupakan tempat persembunyian tentara gerilyawan Afganistan. Jangan heran, bila kita melihat orang-orang di sini memegang senjata. Senjata merupakan barang yang sangat biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, banyak orang yang pergi ke pasar dengan membawa senapan.

Sepanjang Jalan Sejarah

Khyber Pass adalah wilayah yang terkenal sejak zaman dahulu kala. Sejak ribuan tahun yang lalu, wilayah ini jadi pintu masuk bagi bangsa-bangsa besar di dunia. Di antaranya, bangsa Arya (Indo Jerman) masuk ke India pada abad ke 16 Sebelum Masehi melalui Khyber Pass. Ada pula, Iskandar Agung dan tentaranya menaklukan Asia Selatan melalui celah ini. Selain itu, Celah Kaiber juga jadi rute perdangangan terpenting bagi para saudagar dari Asia Tengah ke Asia Selatan. Begitu banyak bangsa-bangsa besar dan penakluk-penakluk dunia yang melintasi celah ini. Karena itu, tak heran bila Khyber Pass merupakan salah satu wilayah paling bersejarah di dunia.

Berbahaya, Tetapi Memepesona

Tak sembaranga orang bisa memesuki wilayah Khyber Pass. Harus ada izin khusus. Pengunjung juga harus menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, harus ada pengawalan keshadar, yaitu tentara bersenjata. Meski berbahaya, wilayah Khyber Pass tetap ramai dikunjungi turis. Para turis justru tertarik dengan tantangan bahaya di wilayah ini. Selain itu kemashyuran Khyber pass membuat banyak orang penasaran untuk melintasinya.

mungkin para turis justru tertarik dengan tantangan bahaya di wilayah ini. Selain itu, kemashyuran Khyber Pass membuat banyak orang penasaran untuk melintasinya.


Jalanan Khyber pass yang berliku-liku, wilayah Khyber pass gersang tetapi memesona dan membuat banyak turis ingin kesana..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar