Selasa, 26 April 2011

KEADILAN DI INDONESIA SEKARANG BISA DIBELI

KEADILAN DI INDONESIA SEKARANG BISA DIBELI
Tema : manusia dan keadilan

Arti keadilan sendiri adalah dimana membela yang benar dan menghukum yang salah, bukan sebaliknya membela yang salah dan memberi hukuman kepada yang melakukan kebenaran.

Atau kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar.

Tapi, banyaknya jumlah dan variasi teori keadilan memberikan pemikiran bahwa tidak jelas apa yang dituntut dari keadilan dan realita ketidakadilan, karena definisi apakah keadilan itu sendiri tidak jelas. keadilan intinya adalah meletakkan segala sesuatunya pada tempatnya

di Indonesia keadilan belum bisa ditegakkan sesuai tuntutan negara hukum, sudah tercermin di dalam praktek kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Saat ini di Indonesia terdapat lebih dari cukup norma-norma hukum, tapi ironisnya sulit sekali mencari keadilan. Sebab di mana saja masih bertengger orang-orang yang jiwanya hitam kelam yang tidak bisa ditembus sinar terang.

Contoh kasus :

Bebasnya Gayus Tambunan, terdakwa kasus penggelapan pajak, melenggang keluar-masuk Rumah Tahanan Mako Brimob bukanlah peristiwa baru.

Ini mencerminkan bahwa masih kurang tegasnya aparat hukuum yang berwajib dalam melakukan keadilan.

Dan Kenyataan dewasa ini di Indonesia belum ada persatuan ke arah perjuangan menegakkan keadilan. Kesadaran untuk perjuangan bersama sangat tipis, semua mengarah kepada kepentingan golongan dalam menegakkan keadilan/HAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar