Kamis, 17 Maret 2011

Keindahan pulau Lombok

Keindahan pulau Lombok
tema : manusia dan keindahan

Pulau Lombok sering dikaitkan dengan Pulau Bali karena jaraknya yang berdekatan (kira-kira 35 km) dipisahkan dengan Selat Lombok. Pada kenyataannya, Pulau Lombok adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Provinsi Nusa Tenggara Barat, terbagi menjadi dua pulau, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Lombok lebih terkenal dibandingkan Sumbawa, karena Mataram ibu kota NTB terletak di pulai ini. Lombok dianugerahi pemandangan alam sekitar yang sangat luar biasa indahnya. Lombok wilyahnya yang terbagi menjadi tiga yaitu:

• Lombok Barat: dibatasi Lombok Tengah dan Lombok Timur di bagian timur, Laut Bali di bagian barat dan Samudera Hindia di bagian selatan.

• Lombok Tengah: diapit antara Lombok Barat dan Lombok Timur. Selat Bali di bagian barat.

• Lombok Timur: dibatasi oleh Lombok Barat dan Lombok Tengah di bagian barat, Selat Alas di bagian Timur, dan Samudera Hindia di bagian selatan.
Lombok dikenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit, tidak saja oleh turis domestik tapi juga oleh turis mancanegara. Berikut beberapa tempat wisata di Lombok.

1. Kepulauan Gili

Tempat ini terdiri dari tiga kepulauan kecil yang saling berdekatan di wilayah Lombok Barat. ‘Gili’ menurut bahasa daerah setempat berarti ‘pulau kecil’. Banyak ‘gili’ di sekitar pulau Lombok. Dari sekian banyak gili itu, ada tiga yang paling banyak dikunjungi wisatawan (yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan) karena hamparan pasir putih, airnya yang jernih memperlihatkan keindahan koral dan ombak lautnya yang cocok sekali untuk menyelam (diving atau snorkeling).

Gili Trawangan adalah gili terbesar di antara ke tiganya, dengan koleksi koral biru yang masih alami dan sangat indah. Gili Meno, lebih tenang dan terletak di antara kedua gili tersebut. Gili Air merupakan gili terkecil Gili ini menjadi penyeimbang antara ‘keriuhan’ Gili Trawangan dan ‘kedamaian’ Gili Meno.


2. Gunung Rinjani (3726 m)

Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Dibutuhkan waktu sekitar tiga hari dua malam untuk mencapai puncak gunung. Selain puncak gunungnya yang indah, terkenal juga dengan Segara Anakan (segara artinya danau), Segara Endut, Gua Susu, dua anak gunung Rinjani (gunung Barujari, terdapat kawah di tengah danaunya dan gunung Rombongan) serta Taman Nasional Gunung Rinjani.




3. Pantai Senggigi

Senggigi adalah salah satu tempat yang cocok untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Di sekitar pantai Sengigi, terdapat Pura Batu Bolong. Disebut demikian karena ada bagian tebing batu karang yang bolong. Ketika sinar matahari terbenam mengenai batu tersebut, akan tampak pemandangan alam yang luar biasa.




4. Pantai Kuta Lombok

Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih, airnya yang jernih dan ombaknya disukai oleh para peselancar, khususnya dekat Tanjung Aan dan Teluk Gerumpak. Pemandangan alam berupa sunset di pantai ini akan menjadikan kenangan tak terlupakan.

5. Puri Air Maruya

Puri ini dibangun pada abad ke-18 dan merupakan peninggalan Kerajaan Bali. Terdapat jalan setapak menuju pavilun di tengah-tengah danau buatan dan taman yang indah.

6. Air Terjun Sendanggile

Air terjun ini terletak di desa Senaru, kaki gunung Rinjani, Lombok Tengah. Terdapat dua air terjun. Jarak dari air terjun Tiu Kelep ke air terjun Sendanggile yang lebih tinggi dan deras memakan waktu sekitar 30 menit dengan melintasi aliran irigasi dan hutan.

7. Tetebatu

Tempat ini merupakan salah satu perkampungan tradisional di lereng gunung Rinjani dengan pemandangan alam persawahan bak maze dan air terjun Jukut.

8. Sade

Sade adalah salah satu perkampungan tradisional Suku Sasak. Di sini terdapat bangunan tradisional berlantai tanah liat yang dilumuri kotoran sapi. Di sini terdapat juga lumbung padi. Hanya para wanita yang boleh memasuki bangunan itu. Anda juga dapat menyaksikan pembuatan tenun, kain tradisonal khas NTB.

9. Gunung Pengsong

Gunung ini terletak di bagian selatan Mataram. Membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk mencapai puncak gunung dengan melewati jalan setapak. Pemandangan alam yang luar biasa akan tampak dengan indahnya, pemandangan sekitar kota, hamparan laut, dan gunung Rinjani. Bahkan jika udara cerah, gunung Agung di Bali juga akan terlihat.

10. Segenter

Segenter terletak di pesisir pantai, mendekati garis pantai Lombok Utara. Daerah ini merupakan salah satu perkampungan tradisional yang patut untuk dikunjungi juga.

Maha besar Allah yang telah menciptakan bumi dengan penuh keindahan setidaknya kita sebagai manusia wajib untuk melestarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar